Materi IV-g:  Pengolahan Tembakau

 

 

1. Pendahuluan

Tembakau (Nicotiana spp., L.) adalah genus tanaman yang berdaun lebar yang berasal dari daerah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Daun dari pohon ini sering digunakan sebagai bahan baku rokok, baik dengan menggunakan pipa maupun digulung dalam bentuk rokok atau cerutu. Daun tembakau dapat pula dikunyah atau dikulum, dan ada pula yang menghisap bubuk tembakau melalui hidung.

Tembakau mengandung zat alkaloid nikotin, sejenis neurotoxin yang sangat ampuh jika digunakan pada serangga. Zat ini sering digunakan sebagai bahan utama insektisida.

Perkebunan tembakau

Perkebunan tembakau

Etimologi

Bahasa Indonesia tembakau merupakan serapan dari bahasa asing. Bahasa Spanyol "tabaco" dianggap sebagai asal kata dalam bahasa Arawakan, khususnya, dalam bahasa Taino di Karibia, disebutkan mengacu pada gulungan daun-daun pada tumbuhan ini (menurut Bartolome de Las Casas, 1552) atau bisa juga dari kata "tabago", sejenis pipa berbentuk y untuk menghirup asap tembakau (menurut Oviedo, daun-daun tembakau dirujuk sebagai Cohiba, tetapi Sp. tabaco (juga It. tobacco) umumnya digunakan untuk mendefinisikan tumbuhan obat-obatan sejak 1410, yang berasal dari Bahasa Arab "tabbaq", yang dikabarkan ada sejak abad ke-9, sebagai nama dari berbagai jenis tumbuhan. Kata tobacco (bahasa Inggris) bisa jadi berasal dari Eropa, dan pada akhirnya diterapkan untuk tumbuhan sejenis yang berasal dari Amerika.

 

 

Pokok Bahasan 10:

1. Tembakau adalah salah satu bahan penyegar yang dapat menimbulkan
a. ketagihan
b. kecanduan
c. keracunan
d. benar semua

2. Jenis-jenis tembakau antara lain adalah
a. SKT, SKM, rakyat
b. SKT, SKM, sigaret
c. cerutu, sigaret, rakyat
d. SKT, cerutu, rakyat

3. Pemeraman daun tembakau berpengaruh terhadap
a. warna
b. aroma
c. elastisitas
d. semuanya

4. Fermentasi daun tembakau berlangsung optimum pada suhu
a. 20-30 o C
b. 30-40 o C
c. 40-50 o C
d. 50-60 o C

5. Fermentasi daun tembakau berlangsung optimum pada RH
a. 20-25 %
b. 25-30 %
c. 30-35 %
d. 35-40 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jawaban: acdda

Kembali ke Kelompok Materi 4
Komoditas Selanjutnya
Presentasi PowerPoint