Ujian

UJIAN

 

  1. Dalam satu semester tiap mata kuliah diwajibkan menyelenggarakan sekurang - kurangnya dua kali ujian,  yaitu ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
  2. Ujian tengah semester dan ujian akhir semester dilaksanakan oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan sesuai dengan jadwal ujian yang diterbitkan oleh DAJMP
  3. Dosen harus mengumumkan nilai hasil kuis atau ujian, selambat lambatnya dua minggu setelah kuis atau ujian.
  4. Pengecekan kebenaran nilai kuis dan ujian oleh mahasiswa kepada dosen, apabila ada, harus dilaksanakan selambat-lambatnya dalam dua hari setelah pengumuman nilai.   
  5. Mahasiswa diperbolehkan mengikuti ujian akhir suatu mata kuliah jika telah mengikuti sekurang-kurangnya 80 persen kuliah.
  6. Mahasiswa  yang  berhalangan mengikuti  ujian  dalam waktu  yang telah ditentukan harus memberitahukan secara tertulis kepada dosen mata kuliah pada hari itu juga, dan selanjutnya meminta surat izin tidak mengikuti ujian dari Direktur Pendidikan  TPB.
  7. Mahasiswa  yang tidak mengikuti ujian sesuai  dengan jadwal  karena  suatu alasan yang sah  berhak  diberi  ujian susulan.
  8. Mahasiswa peserta ujian dan pengawas harus sudah siap di luar ruangan ujian sebelum  ujian  dimulai  dan  tidak  diperkenankan  memasuki ruangan ujian sebelum dipersilahkan oleh pengawas ujian.
  9. Mahasiswa peserta ujian harus membawa Kartu Mahasiswa atau keterangan lain yang sah yang dikeluarkan oleh pimpinan fakultas. Mahasiswa peserta ujian yang tidak membawa kartu ujian atau keterangan lain yang sah tidak diperkenankan mengikuti ujian.
  10. Ujian diawasi oleh dosen mata kuliah dibantu  oleh asisten atau pengawas lain yang ditunjuk oleh dosen penanggung jawab
  11. Yang boleh berada di dalam ruang ujian adalah peserta ujian dan pengawas ujian.  Kehadiran pihak lain harus seizin pengawas.
  12. Mahasiswa peserta ujian hanya dapat membawa alat  tulis ke tempat duduk. Alat-alat  lain hanya  boleh dibawa bila diizinkan oleh pengawas.
  13. Mahasiswa peserta ujian harus berpakaian rapi, bersih, dan sopan.
  14. Mahasiswa peserta ujian wajib mengisi daftar hadir ujian yang telah disiapkan  oleh pengawas ujian. Mahasiswa peserta ujian yang tidak mengisi daftar hadir dianggap tidak mengikuti ujian yang bersangkutan.
  15. Mahasiswa peserta ujian yang terlambat datang lebih dari 15 menit setelah ujian dimulai, tidak diperkenankan  mengikuti ujian.
  16. Selama ujian berlangsung, peserta  dan  pengawas tidak diperkenankan merokok di ruang ujian dan melakukan tindakan lain yang dapat  mengganggu kelancaran ujian.
  17. Selama ujian berlangsung, peserta ujian tidak diperkenankan melakukan tindak kecurangan (mencontoh, memberitahu, bertanya kepada peserta lain, mengintimidasi)  dan  meninggalkan ruang ujian tanpa izin pengawas.
  18. Segala hal yang diperlukan selama ujian berlangsung dapat diusahakan melalui pengawas ujian. Untuk hal tersebut, peserta harus memberi isyarat kepada pengawas ujian  dengan mengangkat tangan.
  19. Peserta ujian yang telah menyelesaikan pekerjaan ujian sebelum habis waktu ujian  menyerahkan pekerjaannya kepada pengawas ujian dan meninggalkan ruangan ujian  dengan izin pengawas.
  20. Peserta ujian yang belum selesai dengan  pekerjaannya  setelah  waktu habis, harus  menghentikan  pekerjaannya dengan segera.
  21. Tata tertib lain yang belum diatur, diumumkan  oleh pengawas sebelum ujian dimulai.
  22. Tiap pelanggaran terhadap tata tertib ujian akan mendapatkan sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran.