Bahan Kuliah Biologi TPB-IPB

 

 

 

Home

Apakah Regulasi Ekspresi Gen ?

Glossary

Pada bab terdahulu (struktur dan ekspresi gen) dijelaskan bahwa gen diekspresikan melalui pembentukan protein atau enzim. Pada bab ini akan dijelaskan bahwa ekspresi gen atau sintesis protein dapat diatur, dihidupkan atau dimatikan sebagaimana mematikan dan menghidupkan merupakan katalisator yang berperan mejalankan proses reaksi metabolisme, keberadaan enzim akan menentukan berjalannya proses metabolisme. Bila suatu produk metabolisme di dalam sel sudah mencapai kuantitas yang mencukupi maka reaksi metabolisme tersebut harus dihentikan. Proses pengaturan ini dilakukan dengan cara menghentikan produksi enzim, melalui penghentian ekspresi gen penyandinya. Mekanisme pengaturan ekspresi gen disebut regulasi ekspresi gen.

Bagaimana Regulasi pada prokariot ?

Beberapa gen dapat berada dalam satu unit transkripsi. Satu unit traskripsi diawali dengan promotor dan diakhiri dengan terminator. Beberapa gen atau sekelompok gen yang beada dalam satu unit transkripsi tersebut dinamakan operon. Jadi operon adalah sekelompok gen yang diapit secara bersamaan oleh sepasang promotor dan terminator yang disebut operon. Pada prokariot (bakteri) telah ditemukan adanya beberapa operon yang diantaranya adalah operon laktosa dan operon triptofan.

 

Reproduksi Sel

Hereditas

Struktur & Ekspresi Gen

Teknologi DNA Rekombinan

Genom Manusia

 

 

Bagaimanakah Regulasi pada eukariot ?

Masih termasuk kedalam regulasi ialah proses diferensiasi sel pada eukariot multiselular. Semua mahluk hidup termasuk manusia berasal dari satu sel, sehingga semua sel yang berasal dari sel awal ini akan mempunyai kandungan genetik yang sama. Melalui proses diferensiasi dihasilkan berbagai jaringan dan organ yang mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Dalam suatu organ disintesis suatu produk, sedangkan pada organ lain disintesis produk yang lain. Jadi walaupun semua sel tersebut mempunyai kandungan genetik yang sama, ternyata terdapat gen-gen yang diekspresikan hanya pada organ tertentu.

 

Klik di sini untuk teks yang lebih lengkap

 

 

Home -- Glossary --Reproduksi Sel -- Hereditas -- Struktur Gen -- Regulasi & Ekspresi Gen -- Teknologi DNA -- Genom Manusia

 

Disusun oleh: Muhammad Jusuf, Aris Tjahjoleksono, Alex Hartana, Suharsono