SIMULASI PERCOBAAN MONOHIBRID MENDEL



Tujuan : - Mempelajari segregasi pada saat pembentukan gamet F1

- Mempelajari penggabungan acak gamet jantan dan betina dari F1 pada saat pembuahan



Pendahuluan

Teori pertama tentang sistem pewarisan yang dapat diterima kebenarannya dikemukakan oleh Gregor Mendel pada tahun 1865. Teori ini diajukan berdasarkan penelitian persilangan berbagai varietas kacang kapri (Pisum sativum). Dalam percobaannya Mendel memilih tanaman yang memiliki sifat biologi yang mudah diamati. Berbagai alasan dan keuntungan menggunakan tanaman kapri yaitu, (a) Tanaman kapri tidak hanya memiliki bunga yang menarik, tetapi juga memiliki mahkota yang tersusun sehingga melindungi bunga kapri terhadap fertilisasi oleh serbuk sari dari bunga yang lain. Hasilnya, tiap bunga menyerbuk sendiri secara alami; (b) Penyerbukan silang dapat dilakukan secara akurat dan bebas, dapat dipilih mana tetua jantan dan betina yang diinginkan; (c) Mendel dapat mengumpulkan benih dari tanaman yang disilangkan, kemudian menumbuhkannya dan mengamati karakteristik (sifat) keturunannya.

Mendel mempelajari beberapa pasang sifat pada tanaman kapri. Masing-masing sifat yang dipelajari adalah: tinggi tanaman, warna bunga, bentuk biji, dan lain-lain yang bersifat dominan dan resesif. Mula-mula Mendel mengamati dan menganalisis data untuk setiap sifat, dikenal dengan istilah monohibrid. Selain itu Mendel juga mengamati data kombinasi antar sifat, dua sifat (dihibrid), tiga sifat (trihibrid) dan banyak sifat (polihibrid). Hasil percobaannya ditulis dalam makalah yang berjudul Experiment in Plant Hybridization.

Varietas-varietas yang disilangkan disebut tetua atau parental (P). Biji-biji hasil persilangan antar parental disebut biji filial-1 (F1). Ciri-ciri F1 dicatat dan bijinya ditanam kembali. Tanaman yang tumbuh dari bij F1 dibiarkan menyerbuk semdiri untuk menghasilkan biji generasi berikutnya (F2). Dalam percobaannya Mendel mngamati sampai generasi F7, dan juga melakukan persilangan antara F1 dengtan salah satu tetuanya (test cross).

Hasil percobaan monohibrid menunjukkan bahwa pada seluruh tanaman F1 hanya ciri (sifat) dari alah satu tetua yang muncul. Pada generasi F2, semua ciri yang dipunyai oleh tetua (P) yang disilangkan muncul kembali. Ciri sifat tetua yang hilang pada F1 terjadi karena tertutup, kemudian disebut ciri resesif, dan yang menutupi disebut dominan. Dari seluruh percobaab monohibrid untuk 7 sifat yang diamati, pada F2 terdapat perbandingan yang mendekati 3:1 antara jumlah individu dengan ciri dominan:resesif.

Sebagai salah satu kesimpulan dari percobaan monohibridnya, Mendel menyatakan bahwa setiap sifat iorganisme ditentukan oleh faktor, yang kemudian disebut gen. Faktor tersebut kemudian diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dalam setiap tanaman terdapat dua faktor (sepasang) untuk masing-masing sifat, yang kemudian dikenal dengan istilah 2 alel; satu faktor berasal dari tetua jantan dan satu lagi berasal dari tetua betina. Dalam penggabungan tersebut setiap faktor tetap utuh dan selalu mempertahankan identitasnya. Pada saat pembentukkan gamet, setiap faktor dapat dipisah kembali secara bebas. Peristiwa ini kemudian dikenal sebagai Hukum Mendel I, yaitu hukum segregasi. Perbandingan pada F2 untuk ciri dominan : resesif = 3 : 1, terjadi karena adanya proses penggabungan secara acak gamet-gamet betina dan jantan dari tanaman F1. Bukti-bukti Mendel untuk menjelaskan teori partikulat mengenai pewarisan: (a) Persilangan tanaman tinggi dan pendek; (b) Pada generasi F1 semua keturunan (zuriat) berbatang tinggi; (c) Pada generasi F2 26% berbatang pendek dan 74% berbatang tinggi.


Miosis dan Hukum Segregasi Mendel

Hukum segregasi Mendel mengikuti proses miosis.

(a) Individu heterozigot untuk alel tinggi (T) dan alel pendek (t).

(b) Setelah kromosom mengganda, melalui miosis I dan II menghasilkan sel-sel haploid. Tiap-tiap sel memiliki alel tunggal untuk gen tinggi tanaman , baik T atau t, maka alel T dan t bersegregai bebas satu sama lain.

(c). Selama fertilisasi alel bergabung secara acak.

Keturunan memiliki rasio genotipe: 1 TT : 2 Tt : 1 tt dan rasio fenotipe : 3 tinggi : 1 pendek.


Uji Statistik Dalam Percobaan Persilangan

Untuk dapat menentukan apakah suatu fenomena yang diamati sesuai atau tidak dengan teori tertentu, perlu dilakukan suatu pengujian dengan melihat besarnya penyimpangan nilai pengamatan terhadap nilai harapan. Selanjutnya besarnya penyimpangan tersebut dibandingkan terhadap kriteria model tertentu. Dalam percobaan persilangan akan dibandingkan frekuensi genotipe yang diamati terhadap frekuensi harapannya dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

X2 hitung = Ë (oi-Ei)2

Ei

Keterangan:

Oi = nilai pengamatan fenotipe ke -i, Ei = nilai harapan fenotipe ke -i

Keputusan pengujian didapatkan dengan cara membandingkan terhadap X2 d.b. (X2tabel) sebagai berikut:

Bila X2 hitung X2 tabel : maka diterima bahwa sebaran pengamatan tidak berbeda nyata dengan sebaran harapan, atau hipotesis diterima. Sebaliknya jika X2 hitung X2tabel : maka sebaran pengamatan berbeda nyata dengan sebaran harapan.


Alat dan Bahan

Alat dan Bahan :

1. Tiga keping koin (besi) yang setimbang, masing-masing sisi diberi warna dan tanda berbeda, warna hijau dengan tanda A; warna kuning tanda a.

2. Alat tulis.


Cara Kerja

Segregasi Saat Pembentukan Gamet F1

1. Lemparkan koin dan sisi yang muncul dicatat. Sisi ini dianggap sebagai alel yang dikandung oleh gamet yang dihasilkan.

2. Ulangi pelemparan koin sampai 200 kali dan setiap pelemparan sisi yang muncul dicatat. Selanjutnya banyaknya pemunculan masing-masing sisi dihitung dan dilakukan pengujian chi-kuadrat.

3. Catat hasilnya dan isikan dalam Tabel A, bahaslah apakah sebaran data sesuai dengan hipotesis bahwa kedua alel mempunyai peluang yang sama atau sesuai dengan Hukum Segregasi.


Tabel A. Uji peluang munculnya alel A dan a dalam pembentukkan gamet F1 (Aa).

______________________________________________________________________

No. Alel Hipotesis Pengamatan Harapan X2 hitung

(peluang) ( 0 ) ( E )

______________________________________________________________________

1. A ................ ...................... ................. ....................

2. a ................. ...................... ................. ....................

______________________________________________________________________

Total ................ ...................... .................. ....................

______________________________________________________________________

X2Tabel ( = 0.05, db = 1) = 3.841


Penggabungan Secara Acak Gamet Jantan dan Betina dari F1

1. Lemparkan secara serentak kedua koin, dan catat kombinasi sisi yang muncul (AA, Aa, atau aa). Pelemparan dilakukan sampai 200 kali.

2. Pelemparan ini ini menganalogkan penggabungan secara acak gamet-gamet jantan dan bertina dari F1.

3. Bila dalam percobaan tersebut terdapat kasus dominan resesif, alel A bersifat dominan terhadap alel a. Diketahui bahwa alel A pembawa sifat warna polong hijau dan alel a untuk warna polong kuning.

4. Uji fenotipe F2 data percobaan tersebut untuk hipotesis hijau:kuning = 3/4:1/4.

5. Catat hasil pengamatan anda dalam Tabel B.


Tabel B. Uji perbandingan fenotipe F2 percobaan monohibrid Mendel

______________________________________________________________________

No. Fenotipe Genotipe Hipotesis Pengamatan Harapan X2hitung

______________________________________________________________________

1. Hijau AA, Aa ................. ................... ............... ...............

2. Kuning aa ................. ................... ................ ................

______________________________________________________________________

Total: ................. ................... ................

______________________________________________________________________

X2Tabel ( = 0.05, db. = 1) = 3.841

Pertanyaan

1. Jelaskan Hukum Mendel I

2. Buatkan bagan model pewarisan sifat warna polong yang anda uji

3. Bila dalam pewarisan sifat warna polong tersebut tidak terjadi dominan-resesif antara alel A dan a, tetapi bersifat dominan tidak penuh

a. Bagaimana nisbah fenotipe F1 dan F2 nya?

b. Apakah Hukum Mendel I tetap berlaku/terjadi ? Mengapa?.