Tekbik Pengolahan Pangan
     
   
     

" E-learning Mata Kuliah Teknik Pengolahan Pangan "
Untitled Document
 
Home
 
MATERI
 
Bab I. Sistem Pengawetan Pangan

Bab II. Kinetika Reaksi Dalam Pengolahan Pangan

Bab III. Reologi Bahan Pangan

Bab IV. Proses Pemisahan Bahan Pangan

Bab V. Pemanasan Pangan

Bab VI. Termodinamika Pembekuan

 
Bab VII. Proses Pengentalan Pangan

Bab VIII. Pengeringan Bahan Pangan

 
GBPP
 
Pustaka
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab IV. Pemisahan

Pemisahan mekanik merupkan suatu usaha untuk memisahkan komponen dalam suatu bahan dengan menggunakan gaya fisik. Proses pemisahan mekanik ini terdiri dari penyaringan, sedimentasi dan sentrifugasi. Penggunaan gaya terhadap fluida akan memisahkan komponen penyusunnya, karena reaksi setiap komponen yang berbeda terhadap gaya tersebut.

1.Filtrasi

Proses penyaringan merupakan proses dimana fluida disaring oleh sebuah media penyaring. Pemisahan partikel padatan dari fluida akan menyebabkan penumpukan partikel pada media penyaring, sehingga akan menaikkan tahanan aliran selama proses penyaringan berlangsung. Laju penyaringan tergantung kepada beberapa factor, antara laian adalah, a. penurunan tekanan pada medium penyaring, b. luas area penyaring, c. viskositas bahan, d. tahanan akibat penumpukan padatan, dan e. tahanan media penyaring.

Laju pemisahan adalah sebagai berikut :

 

dimana gaya penggerak merupakan tekanan yang digunakan untuk memindahkan fluida melalui media penyaring dan tahanannya tergantung dari beberapa faktor. Tahanan total dapat dinyatakan dengan

dimana Lc adalah ketebalan akumulasi padatan, µ adalah viskositas fluida dan L adalah ketebalan media penyaring. Parameter r' menyatakan tahanan spesifik akumulasi padatan. Lc dapat dinyatakan dengan

dimana S adalah kandungan padatan pada fluida yang disaring, V adalah volume fluida yang sudah melewati penyaring sluas (A). Sehingga R dapat ditulis sebagai berikut

dan persamaannya menjadi.

 

Persamaan ini dapat digunakan untuk menggambar proses penyaringan dan dapat digunakan untuk scale-up.

 

Proses penyaringan biasanya dengan dua tahap yaitu a) penyaringan dengan laju penyaringan konstan, dan b) penyaring dengan tekanan konstan.

 

Penyaringan dengan laju penyaringan konstan

 

Persamaan laju penyaringan konstan adalah sebagai berikut

Persamaan ini dapat digunakan untuk menentukan penurunan tekanan yang merupakan fungsi dari laju penyaringan.

Karena ketebalan media penyaring dapat diabaikan dibandingkan dengan ketebalan akumulasi padatan, maka persamaannya menjadi.

Penyaringan dengan tekanan tetap

 

Persamaan untuk laju penyaringan tetap diturunkan dari persamaan

Hasil integrasi persamaan adalah

Apabila ketebalan media penyaring diabaikan maka akan menjadi

 

Persamaan tersebut menggambarkan waktu yang dibutuhkan untuk menyaring sejumlah fluida dengan volume tertentu apabila tekanannya dipertahankan konstan.

Beberapa parameter dalam penyaringan seperti tahanan spesifik (r') kemungkinan tidak spesifik untuk setiap jenis padatan dan harus ditentukan dengan cara percobaan. Dari persamaan dasar penyaringan dapat dilihat bahwa proses penyaring tergantung dari dua faktor utama yaitu media penyaring dan fluida yang akan disaring. Faktor pada media penyaring adalah luasa (A) dan tahanan spesifik (r'). Faktor lain yang mempengaruhi laju penyaringan adalah viskositas fluida.