Mater II-b: Karakteristik Umbian

 

 

Umbian adalah bahan pangan sangat penting untuk manusia dan hewan, setelah bijian. Kandungan pati yang tinggi pada umbian menyediakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan. Bahkan beberapa jenis umbian mempunyai kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi sehingga lebih baik daripada bijian dalam hal kelengkapan kandungan gizi. Ubikayu atau ketela pohon, ubijalar atau ketela rambat, dan kentang adalah umbian utama sumber pangan dan telah menjadi makanan pokok sejak awal peradaban manusia.

 

Umur simpan umbian relatif pendek tetapi masih lebih tahan disimpan dalam suhu lingkungan dibandingkan dengan buahan dan sayuran. Untuk penyimpanan jangka pendek hingga menunggu produk terjual, umbian dapat disimpan dalam suhu ruang asalkan tidak terkena sinar matahari alngsung, atau ditempatkan pada tempat yang lembab. Umbian akan lebih tahan lama bila ditimbun dalam tanah dengan sistem drainase yang baik, dapat bertahan hingga lebih dari satu bulan.

 

Untuk penyimpanan jangka panjang seperti penyetokan bahan baku dalam industri, umbian biasanya dirajang dan dikeringkan lebih dulu, baru disimpan dalam kemasan. Bila telah dikeringkan dalam bentuk irisan, umbian juga dapat ditumbuk menjadi tepung, lalu disimpan dalam kemasan, tetapi penyimpanan dalam bentuk tepung dapat meningkatkan resiko serangan hama gudang. Cara lain adalah melalui pengolahan untuk diambil patinya dan dikeringkan, lalu disimpan dalam kemasan.

 

Kembali ke Kelompok Materi 2

Presentasi PowerPoint