Usaha Budidaya Ikan Patin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Deskripsi Usaha :

Usaha ini menghasilkan benih ikan patin berukuran 1 inchi. Kegiatan usaha dimulai dengan penyuntikan induk ikan dengan hipofisa untuk merangsang produksi telur dan kemudian telur ditebarkan dalam akuarium. Selanjutnya larva dibesarkan selama 4 minggu (1 periode) untuk mencapai ukuran 1 inchi. Selama satu tahun terdapat 10 periode. Benih berukuran 1 inchi dijual kepada peternak ikan yang akan melakukan pembesaran. Harga benih 1 inchi adalah Rp 70,00/ekor. Semua kegiatan dalam usaha ini dikerjakan oleh 2 orang pekerja.

Video Pemberian Pakan

Video Penyuntikan

 

Jumlah telur yang ditebar sulit diperkirakan, namun dari jumlah larva yang hidup dapat diperkirakan bahwa dalam 1 akuarium terdapat sekitar 4000 larva (telur yang menetas). Selanjutnya sebahagian larva akan mati selama tumbuh menjadi ukuran 1 inchi. Survival rate (presentase yang hidup) diperkirakan 75%. Harga 1 ekor larva diperkirakan Rp12,00.

Pasar yang menerima benih ikan dalam skala besar hampir semua berada diluar pulau Jawa seperti Sumatra dan Kalimantan. Pasar lokal benih ikan patin kurang begitu diminati namun kadang ada yang datang untuk membeli dalam jumlah yang relatif kecil.

Usaha ini memiliki akuarium sebanyak 50 buah, kolam penyimpan indukan ikan dan bangunan yang berukuran 60 m x 5 m. Ruangan untuk penyimpanan akuarium dilengkapi dengan kompor pemanas ruangan sehingga suhu dalam ruang dapat mencapai suhu 42 oC. Akuarium disusun di dalam rak-rak yang berjajar dan bertingkat.

Video Penggantian Air

 

Video Pengemasan

 

 

Fasilitas Usaha:

Usaha pembentukan ikan patin ini memiliki fasilitas akuarium, jaringan pipa air, jaringan aerator, kolam penjernihan air, kolam penyimpan indukan ikan, dan bangunan yang dilengkapi dengan kompor pemanas ruangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Akuarium :

Akuarium berfungsi sebagai tempat memelihara benih ikan dari mulai tebar telur sampai ikan berukuran 1 inchi.Ukuran akuarium 90 cm x 40 cm x 40 cm. Jumlah akuarium yang digunakan sebanyak 50 buah dengan harga awal Rp 120.000 per akuarium. Umur ekonomis akuarium, diperkirakan 5 tahun. Harga akhir diperkirakan 10% dari harga awal.

Video Akuarium

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jaringan pipa air

Jaringan irigasi terdiri dari pompa air dan pipa-pipa yang berfungsi mengalirkan air dari kolam penjernihan air maupun dari sumur air tanah menuju akuarium. Pompa air yang digunakan sebanyak 2 buah. Pompa air ini berfungsi untuk mengalirkan air dari sumur dan kolam penjernihan ke akuarium. Daya pompa ini sebesar 150 watt dan digunakan selama 3 jam per hari. Harga awal pembeliannya sebesar Rp 700.000 (2 pompa) dengan umur ekonomis sekitar 1.5 tahun. Harga akhir diperkirakan 10% dari harga awal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jaringan Aerator

Jaringan aerator terdiri dari pompa aerator dan pipa-pipa yang dilengkapi dengan selang. Biaya awal pembuatannya sebesar Rp 800.000 dengan umur ekonomis 5 tahun. Harga akhir diperkirakan 10% dari harga awal. Blower (aerator) ini berfungsi untuk menyediakan oksigen dalam akuarium. Daya listrik aerator ini sebesar 500 watt dan dijalankan selama 24 jam/hari. Harga awal blower ini adalah Rp 1.000.000 dengan perkiraan umur ekonomis sekitar 3 tahun. Harga akhir diperkirakan 10% dari harga awal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kolam Penjernihan Air

Kolam penjernihan air berfungsi sebagai tempat penampungan air sementara yang berasal dari sungai untuk dilakukan pengendapan kotoran sebelum dialirkan menuju akuarium. Biaya awal pembuatannya sebesar Rp 800.000 dengan umur ekonomis sekitar 5 tahun. Harga akhir diperkirakan 10% dari harga awal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kolam penyimpan indukan ikan

Kolam penyimpan indukan ikan berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan tempat pemeliharaan induk ikan sebelum dilakukan proses perkawinan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bangunan

Bangunan berfungsi sebagai tampat menyimpan akuarium. Ukuran bangunan 60 m x 5 m. Biaya awal pembuatannya sebesar Rp 10.000.000 dengan umur ekonomis 10 tahun. Harga akhir diperkirakan 10% dari harga awal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompor

Kompor yang dimiliki usaha ini hanya 4 buah. Fungsi kompor ini adalah untuk menghangatkan ruangan pada waktu malam hari sehingga didapatkan suhu yang sesuai untuk budidaya benih ikan patin. Konsumsi minyak tanahnya adalah 10 liter per hari. Harga awal kompor ini adalah Rp 100.000 (4 kompor) dengan perkiraan umur ekonomis sekitar 3 tahun. Harga akhir diperkirakan 25% dari harga awal. Harga minyak tanah Rp 2000/liter.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Serok

Serok yang dimiliki usaha ini adalah 4 buah. Fungsi serok ini untuk mengambil atau memanen benih ikan patin dan untuk mengambil cacing rambut. Harga awal serok ini adalah Rp 100.000 (4 serok) dengan perkiraan umur ekonomis sekitar 2 tahun tanpa nilai akhir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Generator listrik

Generator ini berfungsi untuk menyediakan tenaga listrik cadangan jika listrik dari PLN mati. Tenaga listrik yang utama berasal dari PLN untuk menjalankan lampu, pompa, aerator. Lampu penerangan yang digunakan ada 4 buah dengan daya 15 watt per lampu dan dihidupkan selama 24 jam. Pemakaian generator diperkirakan sekitar 10 % dari jumlah hari didalam 1 periode (2 hari), sementara sisanya dipakai energi listrik PLN (19 hari). Konsumsi bahan bakar diperkirakan sebanyak 50 liter per periode. Oli diganti 5 kali setahun sebanyak 2.5 liter setiap kali penggantian. Harga awal generator ini adalah Rp 3.400.000 dengan perkiraan umur ekonomis sekitar 10 tahun. Harga akhir diperkirakan 10% dari harga awal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pakan ikan

Pakan yang diberikan pada benih ikan patin ini ada 3 jenis yaitu pakan A (Artemia), pakan B (cacing rambut), dan pakan C (pelet). Konsumsi pakan artemia total sebanyak 600 gr per hari untuk diberikan sampai benih berumur 4 hari setelah menetas (diberikan selama 4 hari dalam 1 perioda). Konsumsi pakan B sebanyak 6 liter per hari sampai 10 hari setelah diberi pakan A (diberikan selama 10 hari dalam 1 perioda). Setelah itu benih diberi pakan C selama 7 hari (sampai panen) sebanyak 200 gr per hari (diberikan selama 7 hari dalam 1 perioda). Selain pemberian pakan, benih ikan juga membutuhkan obat-obatan dan vitamin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Data Search

 

 

Petunjuk Perhitungan