::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

Kemahasiswaan Print
Written by Administrator   
Minggu, 24 Agustus 2008
Article Index
Kemahasiswaan
Page 2
Page 3
Page 4
 

Status Penerimaan
Berdasarkan hasil evaluasi oleh PPMB SPs-IPB, calon mahasiswa dapat diterima di SPs dengan status biasa atau status percobaan.

a. Penerimaan dengan status biasa
Calon mahasiswa dapat dipertimbangkan penerimaannya sebagai mahasiswa berstatus biasa jika memenuhi persyaratan minimum sebagai berikut :

  1. Untuk program magister sains, calon mahasiswa memiliki salah satu gelar sarjana dari dalam negeri atau gelar sarjana dari luar negeri yang disahkan oleh pemerintah dan selama masa pendidikan sarjana memperoleh IPK ≥ 2.75 pada skala penilaian 0 - 4 atau IPK ≥ 6.25 pada skala penilaian 0 - 10. 
  2. Untuk program doktor berlaku syarat IPK magister sains ≥ 3.50. Program doktor jalur penelitian (by research) hanya menerima calon mahasiswa apabila memenuhi syarat untuk diterima dengan status biasa, dan tidak dimungkinkan perpindahan dari jalur perkuliahan (by course) ke jalur penelitian (by research) selama masa studi telah berlangsung.

b. Penerimaan dengan status percobaan

  1. Calon mahasiswa program magister sains yang memiliki nilai IPK < 2.75 (pada skala 0-4) atau IPK < 6.25 (pada skala 0 - 10) berlatar belakang pendidikan yang sesuai dengan Program studi/mayor yang dipilih atau memiliki IPK ≥ 2.75 berlatar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan Program studi/mayor yang dipilih secara selektif dapat dipertimbangkan untuk diterima dengan status percobaan. Calon mahasiswa yang dapat dipertimbangkan adalah yang mempunyai kemampuan baik selama bekerja di bidang pekerjaannya, memiliki karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah terakreditasi, atau mendapat nilai-nilai yang baik untuk mata kuliah yang penting bagi Program studi/mayor yang dipilih. Bagi yang memiliki nilai IPK < 2.75 (pada skala 0-4) atau IPK < 6.25 (pada skala 0 - 10) wajib menyertakan nilai TPA ≥ 450. Mahasiswa yang diterima dengan status percobaan wajib mencapai perolehan IPK ≥ 3.00 pada akhir semester pertama dengan beban minimum 9 sks.
  2. Calon mahasiswa program doktor dengan IPK < 3.50 berlatar belakang pendidikan yang sesuai dengan Program studi/mayor yang dipilih atau memiliki IPK ≥ 3.50 berlatar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan Program studi/mayor yang dipilih dan mempunyai kemampuan yang baik selama praktek pekerjaannya, memiliki karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah terakreditasi, dapat dipertimbangkan secara selektif untuk diterima dengan status percobaan. Bagi Calon mahasiswa program doktor dengan IPK < 3.50 wajib menyertakan nilai TPA ≥ 475. Pada akhir semester pertama dengan bobot kredit minimum 9 sks, mahasiswa program doktor dengan status percobaan wajib mencapai IPK ≥ 3.25 untuk dapat melanjutkan studinya dengan status biasa. Apabila persyaratan nilai minimal tersebut tidak dipenuhi, maka mahasiswa dapat dikeluarkan (drop-out).

Penerimaan Mahasiswa
Status Penerimaan
     a. Penerimaan dengan status biasa
     b. Penerimaan dengan status percobaan
Penerimaan Mahasiswa Asing
Cara Melamar dan Persyaratan
Biaya Pendidikan
Program Matrikulasi



 
< Prev   Next >
dies natalis 53 ipb

Pembayaran SPP

Tata Cara Pembayaran SPP
 

Beasiswa Luar Negeri

DDIP

Suiji

DDIP

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
 Today320
 Yesterday1367
 This week12307
 This month16445
 All1600458

Pencarian

Sosial Media

sps on youtube 

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Statistik

Members: 119
News: 779
Web Links: 37

Sedang Online

We have 2 guests online
Home arrow Administrasi arrow Kemahasiswaan