::Sekolah Pascasarjana IPB (Institut Pertanian Bogor)::

slide.gif
Bagaimana cara mendaftar masuk SPs-IPB program reguler dan persyaratan yang dibutuhkan? Print E-mail
Written by Administrator   

A. Pendaftaran:  
Tahap I : 1 Februari -30 April 2013
-Tahap I diutamakan untuk pelamar BPPDN (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri) DIKTI
Tahap II : 1 Februari-30 Juni 2013
-Tahap II ditujukan bagi pelamar Non-BPPDN (Umum)



B. Syarat Pendaftaran:

  1. Pendaftar mengakses website Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana pada alamat http://pmbpasca.ipb.ac.id .
  2. Klik [Proses Pendaftaran > Isi Formulir] dan isi kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah selesai mengisi kolom pada [Isi Formulir], Pendaftar akan mendapatkan 8 karakter angka sebagai nomor pendaftaran.
  4. Nomor pendaftaran tersebut akan menjadi billkey (nomor untuk transaksi) pada saat pembayaran biaya pendaftaran yang dilakukan di Bank BNI.
  5. Dengan menggunakan nomor pendaftaran, lakukan pembayaran sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) di Bank BNI melalui Teller atau ATM atau E-Banking. Lihat Tata Cara Pembayaran
  6. Setelah melakukan pembayaran, Pendaftar akan mendapatkan PIN (12 karakter angka). PIN tersebut tercetak pada kolom Validasi Slip Pembayaran (jika via Teller), atau pada kolom No Registrasi Struk ATM (jika via ATM), atau pada kolom Nomor Registrasi Bank File Transaksi E-Banking (jika via E-Banking).
  7. Klik [Proses Pendaftaran > Verifikasi PIN] dan isi kolom yang disediakan. Pastikan klik [Proses] setelah pengisian selesai.
    1. Jika Verifikasi PIN berhasil, halaman utama Pendaftaran Online mucul dan pendaftar dapat memulai proses melengkapi data.
    2. Jika Pendaftar belum dapat melengkapi keseluruhan data, Pendaftar dapat login ke pendaftaran online kemudian meng-klik [Proses Pendaftaran > Lengkapi Data]
    3. Login ke Pendaftaran Online untuk melengkapi data dibatasi 3 kali.
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir A dan wajib meng-unggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Ijazah S1, Transkrip S1, dan Bukti Bayar BNI (untuk S2)
    2. Ijazah S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2 dan Bukti Bayar BNI (untuk S3)
    3. TPA Bagi Pendaftar dengan IPK antara 2,00 - 2,50 (untuk S2), dan antara 3,00 - 3,25 (untuk S3)
    4. TOEFL bagi yang pernah mengikuti test (untuk S2 dan S3) dan bersifat Opsional.
  9. Selain meng-unggah (upload) dokumen tersebut pada butir 8, Pendaftar wajib mengirimkan dokumen berikut ini melalui pos dalam satu amplop yang diberi kode nomor pendaftaran di bagian pojok kanan atas amplop (Pengiriman berkas paling lambat 5 hari setelah melakukan keseluruhan proses pendaftaran online):
    1. Formulir A Online bagi yang sudah melengkapi data (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    2. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3)) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    3. Surat Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi (Formulir C) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    4. Surat Jaminan Biaya (Formulir D) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    5. Formulir F dan Formulir G khusus pelamar BPPS alokasi PT Penyelenggara atau Formulir 2A, 2B, 2C khusus pelamar BPPS alokasi PT Pengirim.
    6. Photo Copy Ijazah dan Transkrip yang sudah dilegalisir (Rangkap 2)
    7. Sinopsis rencana penelitian. (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    8. Proposal lengkap, Formulir By Research (rencana studi paripurna, surat kesediaan promotor), photo copy publikasi ilmiah (khusus pelamar program doktor jalur penelitian). (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
  10. Hasil seleksi akan diumumkan melalui e-mail dan website www.pasca.ipb.ac.id.
  11. Jika data dan dokumen pendaftaran yang diberikan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan dokumen asli pada saat proses registrasi, maka Pendaftar dianggap gugur, dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  12. Untuk program internasional MIT wajib Wajib Menyerahkan Toefl dua tahun terakhir
  13. Untuk yang memilih program studi profesional Wajib menyerahkan TPA Terakhir

Berkas harus dirangkap dua (asli 1 + fotocopy 1) dan dikirim melalui pos atau datang langsung ke alamat Sekolah Pascasarjana IPB Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680. Berkas pendaftaran yang tidak lengkap tidak dapat diproses.

 
Next >

Menu Utama

Home
Pendaftaran Online
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
FAQs
Isi Buku Tamu
Agenda
Link
Pencarian
Jadwal
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Milis Alumni SPs
Milis Jadwal Seminar
Perpustakaan IPB
Katalog Online
Email IPB
- - - - - - - - - - - - - - - - - -
Home IPB
SIMAK PASCA IPB
Fakultas

Statistik

Members: 6752
News: 617
Web Links: 8

Sedang Online

We have 16 guests online
Menurut Anda Tampilan Website ini
 

Sosial Media

SPs On Twitter

Pascasarjana On FB

Pascasarjana On Group

Home arrow FAQs arrow Bagaimana cara mendaftar masuk SPs-IPB program reguler dan persyaratan yang dibutuhkan?