RAMP-IPB

Tentang kami

Event

Download

Kontak kami

Links

Program Technopreneurship Mahasiswa

Program ini merupakan bagian dari aktivitas utama RAMP Indonesia yang ditujukan khusus untuk melibatkan mahasiswa.  Tujuan jangka pendek dari program ini adalah untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dan kualitas mahasiwa untuk dapat berkompetisi dalam memperoleh hibah mentoring. Sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah untuk menumbuhkembangkan inventor dan inovator serta meningkatkan kemampuan technopreneurship mahasiswa Indonesia.

Tujuan

Secara rinci, tujuan kegiatan ini adalah untuk:

  1. Untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan technopreneurship dan peranannya dalam menciptakan dampak positif di masyarakat.
  2. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyediakan solusi teknologi terhadap masalah nyata di masyarakat.
  3. Untuk meningkatkan sikap mental  inventif dan inovatif serta keahlian technopreneur.
  4. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, sehingga mereka akan berkualifikasi untuk berkompetisi dalam program fasilitasi inkubasi RAMP-Indonesia.

Keluaran

Keluaran dari program ini adalah:

  1. Mahasiswa-mahasiswa dengan keahlian technopreneur dan sikap mental inventif/inovatif yang meningkat.
  2. Proposal-proposal yang berkualifikasi untuk program fasilitasi inkubasi RAMP Indonesia.

Mekanisme

Program technopreneurship mahasiswa dirancang sebagai berikut:

1. Workshop Technopreneurship  Satu Hari di Beberapa Perguruan Tinggi

Workshop technopreneurship satu hari ditujukan untuk mahasiswa-mahasiswa yang tertarik pada invensi/inovasi dan penciptaan dampak pada masyarakat melalui technopreneurship. Workshop akan meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan motivasi kepada mahasiswa dengan membekali mahasiswa dengan materi tentang technopreneurship dan peranannnya dalam menciptakan dampak, pengembangan teknologi, validasi ide, dan penilaian kesempatan, model usaha, perencanaan usaha, pembiayaan, dan isu-isu mengenai hak atas kekayaan intelektual. 

2. Program Pelatihan Technopreneurship Intensif di IPB

Program pelatihan intensif adalah sebuah program kompetitif untuk mahasiswa yang memiliki invensi/inovasi dan ingin menciptakan dampak dari solusi teknologi yang dimilikinya. Mahasiswa diminta mengirimkan formulir lamaran dan proposal yang mendeskripsikan ide-ide dan rencana mereka dalam menciptakan dampak pada masyarakat.  Seleksi dilakukan terhadap formulir aplikasi dan proposal oleh para pakar.  Wakil mahasiswa dari proposal terpilih akan diundang untuk mengikuti pelatihan yang berisi serangkaian perkuliahan (sharing pengalaman), tugas individu dan kelompok, dan mentoring yang akan mendukung mahasiswa-mahasiswa dalam perencanaan dan pengembangan proposal/rencana bisnis untuk invensi/inovasi mereka.

Jadwal Kegiatan

No.

Kegiatan

Bulan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

 

 Workshop Technopreneurship Satu Hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.

Identifikasi partner

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Penyiapan paket workshop (panduan peserta, bahan, promotional kit)

x

x

x

x

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Sounding ke perguruan tinggi target

x

x

x

x

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi target

 

x

x

x

x

x

x

x

x

 

 

 

5.

Perencanaan workshop dengan setiap perguruan tinggi target

 

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

x

6.

Pelaksanaan workshop di setiap perguruan tinggi target

 

 

 

 

x

x

x

x

x

x

x

x

 

Program Pelatihan Technopreneurship Intensif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.

Undangan pertama untuk keikutsertaan

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Persiapan paket pelatihan (panduan peserta, bahan), penjadwaan fasilitator, facilities arrangement

x

x

x

x

x

x

x

 

 

 

 

 

3.

Undangan kedua untuk keikutsertaan

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Seleksi

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

5.

Pelaksanaan

 

 

 

 

 

 

x

x

 

 

 

 

6.

Evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

Jadwal Program Pelatihan Technopreneurship Intensif tahun 2007

  • Batas akhir penerimaan proposal: 31 Mei 2007---> diperpanjang sampai dengan 15 Juni 2007.
  • Pengumuman pemenang: 6 Juli 2007.
  • Penyelenggaraan training: 30 Juli - 14 Agustus 2007.

Detail kegiatan dapat di-download di bawah ini.

Panduan Program Technopreneurship Mahasiswa (PDF)

Formulir proposal

Lembar pernyataan

Surat referensi

Lembar kesediaan

Hak dan peraturan peserta

Formulir aplikasi pedoman penyusunan proposal (MS Word atau PDF)

Materi Pelatihan

Hari

Topik

Tujuan Belajar

1

 

Registrasi

  • Registrasi

Upacara pembukaan

  • Upacara pembukaan

Ice Breaking

Untuk berbagi visi dan persepsi terhadap program tersebut dan untuk perkenalan

Presentasi ide

Untuk mengetahui apa yang orang lain kerjakan dan mendapatkan umpan balik pertama dari mentor dan teman-teman

TAHAP 1 : Pendahuluan

2

RAMP: Menciptakan dampak dalam kebutuhan dasar manusia dan pembangunan bekelanjutan melalui invensi dan inovasi

 

  • Untuk memahami konsep dasar kebutuhan manusia dan pembanguan berkelanjutan
  • Untuk memahami bahwa invensi dan inovasi adalah solusi potensial untuk masalah–masalah dalam pembangunan berkelajutan dan kebutuhan dasar manusia
  • Untuk membentuk pemahaman umum bahwa dalam penciptaaan dampak, terdapat tantangan-tantangan sehingga diperlukan kerjasama, intervensi, fasilitas, dan sharing sumberdaya
  • Untuk memahami ruang lingkup dan peranan RAMP dalam mendorong penemu dan technopreneur baru

Pengenalan pada technopreneurship dan sifat-sifatnya (shifting paradigm)

Untuk membentuk pemahaman bagaimana technopreneurship dalam menciptakan dampak

  • Sifat-sifat technopreneur yang sukses, berfikir kritis, penyelesaian masalah, perilaku, perencanaan, implementasi
  • Berfikir seperti seorang technopreneur, mengenali kesempatan, mobilisasi sumberdaya, ide, orang, dan uang
  • Insinyur dan technopreneur (hubungan antara insinyur dan technopreneur, peranan technopreneur dalam pertumbuhan ekonomi)
  • Hubungan inovasi teknologi dan kegiatan entrepreneur

TAHAP 2 : PENGEMBANGAN INVENSI/INOVASI

3

Kreativitas dan pembangkitan ide

  • Untuk memahami cara berfikir baru dan menarik
  • Pembangkitan kreativitas dan ide
  • Formulasi masalah
  • Untuk membangkitkan dan mengkoseptualisasi ide menuju penyelesaian masalah

Pengembangan invensi/inovasi

  • Untuk memahami peranan invensi dan inovasi dalam penciptaan nilai kepada masyarakat dan meningkatkan dayasaing
  • Untuk memahami tahap-tahap pengembangan invensi dan inovasi (ide menjadi produk) dan sumberdaya yang diperlukan
  • Untuk mengembangkan strategi dalam menemukan bantuan dalam pengembangan invensi/inovasi
  • Contoh dan studi kasus yang menunjukkan peranan invensi dan inovasi dalam penyelesaian masalah dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan pembangunan berkelanjutan

4

Hak atas kekayaan intelektual (HKI)

  • Untuk menciptakan kesadaran atas peranan HKI dalam pengembagan teknologi dan bisnis
  • Penelusuran paten, tingkat kebaruan dan inovasi (teori dan praktek)
  • Pengedrafan paten (praktek). Perlu perhatian khusus pada penulisan klaim dan prior art

5

Perjalanan lapang ke pusat-pusat inkubasi dan fasilitas prototype

Peserta ditunjukkan pada fasilitas dan tantangan dalam mengubah ide mereka menjadi produk handal dan pengembangan produknya

6

Evaluasi dan analisis  umpan balik

Peserta seharusnya dapat:

  • Mendeskripsikan motivasi dan keahlian pendukung mereka untuk menjadi technopreneur
  • Mengembangkan deskripsi pada invensi/inovasi mereka dan peranannya dalam menyelasaikan masalah dalam kebutuhan dasar manusia dan pembangunan berkelanjutan
  • Mendeskripsikan potensi dari invensi/inovasi mereka : keunggulan invensi/inovasi dan potensi pasarnya
  • Mengidentifikasi posisi sekarang inovasi/invensi mereka dan internvensi yang diperlukan untuk menyiapkan produk siap dijual ke pasar

TAHAP 3 : PENCIPTAAN DAMPAK

7

Analisis konsumen, pengguna akhir yang ditargetkan

 

  • Untuk mengidentifikasi potensi pasar
  • Siapa konsumen, pengguna akhir atau pemilik yang ditargetkan
  • Untuk menentukan ukuran pasar

 

Strategi atau alternatif untuk mengubah ide manjadi dampak/aplikasi

 

  • Untuk memahami model usaha untuk mengkomersialiasikan atau untuk mengubah ide menjadi dampak baik secara komersial maupun non-komersial
  • Untuk mengenali lebih jauh terhadap tantangan dalam menciptakan dampak dari invensi dan inovasi
  • Untuk mengembangkan keahlian untuk mengembangkan strategi dalam mengkomersialisasikan atau mengubah ide menjadi dampak:
    • Strategi pemasaran
    • Strategi produksi
    • Strategi organisasi

8

Pembiayaan perusahaan berbasis teknologi –perusahaan kecil dan menengah

 

  • Untuk memahami kondisi dan persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh pembiayaan yang diperlukan secara sukses
  • Untuk mengembangkan keahlian dalam membuat proyeksi arus kas
  • Untuk mengembangkan kemampuan dalam analisis financial

 

Pembiayaan perusahan berbasis teknologi – beberapa model pembiayaan

 

  • Untuk mengetahui beberapa model pembiayaan perusahaan berbasis teknologi
  • Untuk memahami kondisi dan persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh pembiayaan perusahaan berbasis teknologi 

9

Perjalanan lapang ke perusahaan berbasis teknologi dan dan perusahaan sosial

Tukar pengalaman dari  technopreneur mulai awal sampai keadaan sekarang (model komersial dan sosial)

10

Identifikasi dan mobilisasi sumberdaya

  • Untuk mengidentifikasi sumberdaya yang diperlukan dalam komersialisasi/merealisasikan ide usaha
  • Tip-tip dalam pengembangan jaringan untuk mengembangkan keahlian dalam menyiapkan mahasiswa ke mobilisasi sumberdaya

Pengembangan rencana usaha

Putting it together:

  • Untuk meningkatkan percaya diri dan keahlian untuk mempengaruhi pemangku kepentingan (pemilik sumberdaya)
  • Untuk mengembangkan keahlian dalam pengembangan rencana usaha

11

Evaluasi dan umpan balik model usaha  dan intervensi yang diperlukan

Peserta seharusnya dapat:

  • Mengembangkan rencana usaha yang mencakup deskripsi strategi dan model usaha unuk membawa invensi/inovasi mereka ke pasar/pengguna secara singkat dan menarik
  • Mengidentifikasi posisi invensi/inovasi-nya sekarang dan intervensi yang diperlukan untuk membawa invensi/inovasi mereka ke pasar/pengguna

TAHAP 4 : EVALUASI

 

12

Workshop: Evaluasi akhir

 

  • Untuk meningkatkan keahlian dalam berargumentasi melalui partisipasi aktif dalam workshop dan presentasi studi kasus
  • Untuk meningkatkan percaya diri dalam pengambilan keputusan, keahlian  berkomunikasi, keterampilan interpersonal, dan merealisasikan bisnis mereka

13

Penutupan

 

__________________________________________________

|Home| |Organisasi| |Program| |Mentoring| |Technopreneurship| |Policy Studies| |Artikel dan Berita| |Event| |Download| |Kontak| |Links|

Copyright © 2007 RAMP-IPB. All rights reserved.